Entri Populer

Senin, 26 Maret 2012

Tugas Bahasa Indonesia Kelas III B Semester II
SDN Airlangga I / 198 Surabaya

       Nama          :  …………………                                                                    Nilai      :  ………….
       Hari,tanggal :  …………………                                                                                                          

Bacalah cerita pengalaman berikut ini!
Sup Rasa Sirup
Sewaktu kecil dahulu, aku pernah bertindak ceroboh. Suatu kali, ketika makan siang, aku merasakan sayur sup masakan ibu kurang asin. Aku pun mencoba menambahkan kecap asin ke dalamnya.
Ketika aku mencicipinya, rasa sup itu tidak bertambah asin. Akan tetapi, menjadi manis sekali rasanya. Aku jadi heran, kemudian botol kecap tadi kucium. Ternyata, isinya bukan kecap, melainkan sirup yang warnanya kehitam-hitaman. Akibat kecerobohanku, aku tidak jadi makan sup ayam buatan ibu.
(Sambuaga, 2006)
A.      Isilah dengan jawaban yang benar !
1.  Judul cerita pengalaman di atas adalah ....
2.  Rasa sup itu menjadi manis karena tercampur ….
3.  Cairan yang disangka kecap itu ternyata sirup karena berwarna ...
4.  Dona akan membeli buku tulis.Kalimat tanya yang sesuai adalah ....
5.  Aku senang tinggal di desa.Pertanyaan yang sesuai adalah ....
6.  ... harga boneka ini?
Kata tanya yang tepat untuk mengawali kalimat tersebut adalah ....
7.  ... cara membuat layang-layang dari kertas?
Kata tanya yang tepat untuk melengkapi kalimat tersebut adalah ....
8.  Tanya         :      ... banjir dapat melanda desa itu?
Jawab       :      Karena hutan di dekat desa itu gundul.
Kata tanya yang tepat adalah ....
9.   Borobudur tercinta
      Sebuah mahakarya
      Buatan nenek moyang kita
      Yang tiada duanya
               Puisi di atas bertutur  tentang ……… candi Borobudur
10.  a.  Kata tanya ”di mana digunakan untuk menanyakan....
 b. Kata tanya ”mengapa digunakan untuk menanyakan....
 c.   Kata tanya ”siapa digunakan untuk menanyakan....
B. Kerjakan sesuai dengan perintahnya!

Tulislah kalimat dengan kata-kata berikut ini!
a.  senang                   b.  melupakan              c. haru          d. setuju      e.  iba

Tidak ada komentar:

Posting Komentar